Jumat, 17 April 2015

Pemerintah Targetkan 2.500 orang Peserta Magang Ke Jepang


Jombang - Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan penempatan peserta magang kerja ke Jepang sebanyak 2.500 orang di tahun 2015. Para peserta magang bakal ditempatkan di sekitar 500 perusahaan yang menyediakan 60 jenis kejuruan kerja.

Program kerja magang di Jepang ini  merupakan kerja sama Kemnaker (dulu Depnakertrans) dengan IMM (International Manpower Development of Medium and Small Enterprises) Jepang yang dimulai pada tahun 1993.

"Sampai dengan bulan Januari 2015 peserta magang yang telah diberangkatkan sebanyak 35.426 orang. Peserta magang ke Jepang yang telah kembali ke tanah air sebanyak 29.971 orang, dan masih melaksanakan program magang sebanyak 5.455, "kata Hanif saat mengikuti acara pertemuan Alumni pemagangan Jepang dalam rangka Peringatan Satu Abad Ponpes Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur pada Jumat petang (10/4) dalam siaran persnya.

Program magang di Jepang ini bertujuan meningkatkan kompetensi pemuda Indonesia di bidang industri, meningkatkan keterampilan kerja,menambah wawasan  ilmu pengetahuan serta meningkatkan etos kerja.

Sebelum berangkat magang ke Jepang, para calon peserta mengikuti berbagai program pelatihan yang dapat   disesuaikan minat dan bakat peserta, diantaranya adalah mekanik, ahli elektronik, las listrik, bangunan, perkayuan, pabrik makanan dll.

Selama bekerja magang di Jepang, para peserta magang dilindungi oleh asuransi dan jaminan kesehatan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan di Jepang. Selain itu mereka pun mendapatkan penghasilan/gaji secara rutin. 

 Untuk tahun pertama, peserta pemagang mendapat gaji magang  80.000 yen (Rp 8,2 juta) per bulan. Selanjutnya untuk tahun kedua akan mendapatkan gaji magang 90.000 yeng (Rp 9,2 juta) yen dan tahun ketiga 100.000 yen (Rp 10,2) yen. Dan setelah lulus program pemagangan akandiberi uang bantuan permodalan. (IMR)

Sumber : http://www.sindotrijaya.com/news/detail/8841/ini-target-kemenaker-untuk-program-magang-ke-jepang#.VTGVT_7Wr7R

Tidak ada komentar: