Sabtu, 25 April 2015

JABAR KIRIM 75 MAHASISWA MAGANG KE JEPANG

BANDUNG–Sebanyak 75 mahasiswa bidang pertanian asal Jawa Barat diberangkatkan sebagai tenaga magang ke negeri sakura, Jepang. Ke-75 tenaga magang yang diberangkatkan tersebut merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.
Pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Politeknik Negeri Bandung, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar dan Koperasi Kulak Mitra Pakuan (KKMP) Ardin Jabar dengan Sento Co-operative Kyoto, Jepang di Gedung Sate Bandung, Selasa (21/04), Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sangat mengapresiasi program magang yang dinahkodai oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat ini.
Deddy mengungkapkan, jumlah penduduk Jabar diprediksi akan mencapai angka 56 juta jiwa di tahun 2025 mendatang. Karenanya, dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional untuk memenuhi kebutuhan industri, terutama manufaktur, yang notabene 60% nasional berada di Jabar. Dan melalui program tenaga kerja magang ini, Deddy berharap kerjasama antar negara dapat terus terjalin, guna meningkatkan perekonomian kedua belah pihak.
“Merupakan harapan kita bersama, pertemuan ini akan mempererat ikatan kerjasama, dan menjadi momentum untuk memulai kerjasama pada bidang lain, seperti pendidikan dan tenaga kerja," ungkap Deddy dalam sambutannya.
“Kalau perlu, tenaga kerja terampil dari Indonesia yang dikirim ke Jepang jumlahnya 2 juta orang, sehingga kedepannya akan ada lebih banyak SDM profesional di Indonesia, khususnya Jawa Barat," lanjutnya.
Ke-75 mahasiswa Politeknik Negeri Bandung yang diberangkatkan, telah melalui proses seleksi dan wawancara, serta akan dibekali dengan kursus bahasa Jepang. Nantinya, setelah 3 tahun masa magang di Jepang, seluruhnya diwajibkan kembali ke Jawa Barat dan bekerja sebagai tenaga ahli di perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Apindo Jabar, maupun perusahaan Jepang yang berada di Jawa Barat.
“Sudah ada peraturan dan ketentuan dari Jepang, para peserta magang tidak boleh memperpanjang masa magang. Hanya 3 tahun," pungkas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar Anton Gustoni ditemui usai acara penandatanganan MoU.
“Jika sudah kembali, mereka mau membuka usaha dengan modal hasil magang disana (di Jepang) atau bekerja di perusahaan Apindo itu bisa," sambungnya.

Sumber : http://www.jabarprov.go.id/index.php/news/11991/2015/04/21/Jabar-Kirim-75-Mahasiswa-Magang-Ke-Jepang

Tidak ada komentar: